Text
SISTEM PERAWATAN DAN PERBAIKAN PADA MOTOR INJEKSI BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN GAS
Akhmad Isma’il Murfi. 2020. “Sistem Perawatan Dan Perbaikan Pada Motor Unjeksi Berbahan Bakar Bensin Dan Gas”. Laporan Tugas Akhir. Teknik Mesin DIII. Fakultas Teknik. Universitas Pancasakti Tegal.
Sebuah kendaraan sepeda motor terdiri dari berbagai part-part (komponen-komponen) didalamnya yang memiliki jumlah yang relatif banyak. Part-part tersebut lama kelamaan dapat menjadi aus, melemah atau korosi sehingga kinerja dari part-part tersebut akan menurun. Part-part yang kinerjanya menurun juga akan mempengaruhi performa mesin kendaraan tersebut. Oleh sebab itu part-part yang terindikasi kinerjanya menurun harus dilakukan perawatan. Salah satu perawatan yang dilakukan adalah perawatan servis berkala. Tujuan melakukan perawatan berkala yaitu untuk mengembalikan performa mesin agar mendekati kondisi spesifikasi semula.
Metode yang digunakan dalam perawatan berkala ini adalah metode preventive dan corrective, metode preventive yaitu metode yang dilakukan untuk mencegah sebelum terjadinya kerusakan pada komponen sepeda motor dan metode corrective adalah metode yang dilakukan untuk memperbaiki komponen yang mengalami kerusakan. Untuk mengumpulkan data pada tugas akhir kami adalah dengan menggunakan metode, observasi yaitu metode pengumpulan data pada objek melalui pengamatan langsung tentang sistem mekanisme kerjanya. Kemudian metode studi pusaka yaitu metode untuk mencari date melalui situs web. Dan metode interview yaitu metode tanya jawab secara lisan kepada murid dan murid menjawabnya.
Hasil pemeriksaan pada komponen mesin injeksi berbahan bakar bensin dan gas meliputi pengecekan kerusakan sistem injeksi, perawatan dan perbaikan pada sistem bahan bakar. Hasil pemeriksaan akan dicatat dan dibandingkan sasuai standar spesifikasi yang ada.
Kata Kunci : Sistem Injeksi, Sistem Bahan Bakar, Perawatan, Analisis.
SKRIPSI/TM-048/2020. | SKRIPSI/TM/2020.2 | Fakultas Hukum (SKRIPSI-TM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain