Text
ANALISA KELAYAKAN EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI CAHAYA PERMATA
Laksono, mujito sandi.2016. analisa kelayakan ekonomi dan strategi pengembangan usaha konveksi cahaya permata skripsi. Teknik industri. Fakultas teknik. Universitas pancasakti tegal.
Dewasa ini pertumbuhan dan persaingan, perkembangan usaha semakin ketat karna pada tahun ini akan diadakan pasar bebas dengan masyarakat ekonomi asean (MEA), Tegal merupakan kota dengan berbagai keterampilan, ada usaha bubut, konveksi maupun usaha usaha kecil seperti tempe, krupuk maupun tahu. Tegal dengan potensi yang besar untuk melakukan kegiatan usaha yang salah satunya adalah usaha konveksi cahaya permata yang bertempat di jln. Prof. Moh. Yamin Slawi. Dengan semakin pesat dan ketatnya persaingan di dunia usaha dan permintaan konsumen yang semakin tinggi dan berfariatif. Pemilik usaha konveksi cayaha permata harus mampu bersaing dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan usaha dan menentukan strategi untuk mengembangkan usaha tersebut dengan metode SWOT.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pertama yang akan dilakukan dalam penelitian ini adlaah observasi atau pengamatan, pencatatan dan dokumentasi terhadap aktivitas kerja yang ada pada usaha konveksi CAHAYA PERMATA secara langsung. Setelah itu dilakukan wawancara agar dapat mengetahui proses produksi dan alat yang digunakan serta data finansial. Kemudian melakukan perhitungan kelayakan ekonomi pada usaha tersebut, setelah itu melakukan analisis faktor internal dan eksternal untuk melakukan perhitungan SWOT untuk menentukan strategi yang akan digunakan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui, usaha konveksi cahaya permata memiliki nilai NPV positif sebesar Rp.225.660.894,5, dengan BEP sebanyak 386 unit. Lama pengembalian modal investasi selama 2,4 tahun dilihat dari perhitungan payback periode dengan nilai B/C >1 maka usaha konveksi cahaya permata layak untuk dilakukan investasi. Matrik internal dna eksternal menunjukan pada 2,075 pada faktor internal dan 2,05 pada faktor eksternal. Hal ini berati usaha konveksi cahaya permata berada pada posisi V dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas (tidak ada perubahan dalam pendapatan). Karna kekuatan yang dimiliki lebih sedikit dan adanya kelemahan membuat usaha konveksi cahaya permata harus memanfaatan peluang yang dimiliki. Strategi yang dipakai adalah SO (strength opportunities) yaitu mengatasi kelemahan kelemahan yang ada dengan memanfaatkan peluang yang muncul.
Kata Kunci : Kelayakan Usaha, SWOT, Strategi Pengembangan, Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (B/C), Payback Periode (PP).
SKRIPSI/TI-028/2016. | SKRIPSI/TI/2016.2 | Fakultas Hukum (SKRIPSI-TI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain